Home » » Mengenal Lebih Dekat Cuka Apel dan Manfaat nya

Mengenal Lebih Dekat Cuka Apel dan Manfaat nya


















Sudah pernah mendengar tentang cuka apel? Konon, cuka apel dapat membantu penyembuhan jerawat hingga mengatasi sakit tenggorokan dan varises. Semua hal ini blum ada penelitian yang lebih lanjut. Namun demikian, dalam beberapa tahun terakhir, para peneliti telah menelaah lebih jauh mengenai cuka apel dan beberapa kemungkinan manfaatnya.

Apa itu cuka apel?

Cuka apel sebenarnya hampir seperti jus apel pada umumnya, namun ditambahkan dengan ragi yang dapat mengubah kandungan gula dalam buah menjadi alkohol (difermentasi). Bakteri mengubah alkohol menjadi asam asetat, dan hal inilah yang dapat memberikan rasa asam dan bau yang kuat pada cuka apel.

Bagimana cara menggunakannya?

Cuka apel sendiri dapat digunakan untuk memasak, memanggang, sebagai pengawet sampai untuk dressing salad. Melihat banyaknya kandungan asam di dalamnya, maka meminum secara langsung cuka apel sangat tidak disarankan. Jika Anda ingin menggunakan cuka apel untuk pengobatan, Anda bisa menambahkan satu atau dua sendok makan cuka apel ke dalam air atau teh.

Apa saja manfaatnya?

Cuka telah digunakan sebagai obat sejak zaman dahulu. Para dokter di era Yunani kuno bahkan mengobati luka-luka dengan menggunakan cuka. Dalam beberapa tahun terakhir, orang-orang menemukan bahwa cuka sari apel dapat berkhasiat untuk menurunkan berat badan, memperbaiki kesehatan jantung hingga mengobati ketombe.
Beberapa orang bahkan memanfaatkan cuka apel sebagai toner untuk menumpas jerawat. Caranya ialah dengan menambahkan 3 sendok makan cuka apel dengan 6 sendok makan air mineral ke dalam sebuah botol kosong. Setelah tercampur, sediakan kapas dan aplikasikan campuran ini ke kulit wajah.
Thanks for reading Mengenal Lebih Dekat Cuka Apel dan Manfaat nya

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment