Home » , » Tetap berolahraga Saat puasa ? nihh Tips nya,,

Tetap berolahraga Saat puasa ? nihh Tips nya,,


















Pada saat berpuasa, tubuh manusia tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama kurang lebih 12 jam. Namun selama berpuasa kita juga harus melakukan aktivitas fisik agar tubuh tetap bugar.  Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti Tunisia dari Universitas Sfax dan CHU Habib Bourguiba menunjukkan bahwa aktivitas fisik memberikan dampak kesehatan yang baik bagi tubuh selama aktivitas puasa. Hal ini terlihat dari parameter komposisi tubuh, hematologi, dan biokimia pada partisipan yang melakukan aktivitas olahraga mengalami perubahan yang lebih baik yaitu penurunan berat badan, persentase lemak tubuh berkurang, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Maka dari itu, puasa bukanlah menjadi alasan kita untuk bermalas-malasan dan tidak berolahraga bahkan tidak melakukan kegiatan apapun. Padahal, melakukan aktivitas fisik saat berpuasa memberikan efek positif bagi tubuh. Berikut tips tetap berolahraga meskipun sedang puasa.

Waktu yang Tepat untuk Olahraga

















Pertama, kita harus memperhatikan waktu yang tepat untuk berolahraga. Sebaiknya olahraga dilakukan satu jam sebelum waktu buka puasa. Seperti yang dilansir dari Kompas, dr. Saptawati Bardosono mengatakan bahwa olahraga sebaiknya dilakukan 30-60 menit menjelang berbuka karena mendekati waktu makan.


Jenis Olahraga


















Lakukan latihan kardiovaskular ringan seperti berjalan atau bersepeda yang dapat membakar kalori dan meningkatkan stamina, meningkatkan fleksibilitas dan detoksifikasi, dan perenggangan otot-otot yang bekerja. Pilihan lain yang bisa dilakukan adalah aktivitas latihan otot sederhana seperti latihan otot, push-up, dan sit up. Sebaliknya, hindari melakukan aktivitas fisik berat yang dapat menguras energi, seperti berlari dan mengangkat beban.


Perhatikan Kondisi Tubuh 











Perhatikan kondisi tubuh saat akan berolahraga, pastikan kondisi tubuhmu sedang dalam keadaan yang fit dan bugar. Saat merasa lemas dan pusing akan baiknya menunda melakukan aktivitas fisik. Hal tersebut dapat menimbulkan latihan yang tidak maksimal dan memperburuk kondisi tubuhmu. Setelah berolahraga dan sudah berbuka puasa, dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi air putih agar terhindar dari dehidrasi, serta hindari makanan yang berminyak dan berlemak.

Ya, sekian tips tetap berolahraga saat puasa, semoga puasa tidak jadi penghalang kita untuk tetap berolahraga. Semoga bermanfaat.

Baca juga :

Thanks for reading Tetap berolahraga Saat puasa ? nihh Tips nya,,

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment